Our social:

Selasa, 07 Februari 2017

Mengenal Data Acquisition System

Data Acquisition System (DAQ) adalah produk / sistem instrumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi data atau menganalisis, Pengukuran dapat dilakukan dari berbagai sumber signal input. Tidak hanya signal analog atau digital dari berbagai sensor, counter input, dan frequency, tetapi juga video input, thermo camera, GPS, CAN Bus serta data input dari berbagai sumber dengan berbagai jenis data interface-nya.
Komponen dari Data Acquisition System meliputi:
•    Sensor atau transducers, yang merubah parameter fisik ke sinyal elektrik.
•    Perangkat keras dari DAQ,
•    Komputer dengan perangkat lunak didalamnya

Jenis sensornya sendiri bermacam-macam, tergantung dengan data/fenomena yang ingin kita dapatkan, ini adalah beberapa jenis besaran yang paling sering digunakan :
•    Temperatur/suhu, kita bisa menggunakan Thermocouple, RTD, atau Thermistor.
•    Cahaya, menggunakan Photo sensor.
•    Suara, menggunakan microphone.
•    Gaya dan tekanan, menggunakan Strain Gage, Piezoelectric Transduce.
•    Posisi dan perpindahan, menggunakan Potentiometer, LVDT atau Optical Encoder
•    Percepatan, menggunakan accelerometer.
•    Kelembapan, menggunakan pH electrode
Sedangkan Perangkat keras dari DAQ memiliki tiga komponen penting, yaitu :
1. Signal Conditioning Circuitry
Karena sinyal yg didapat dari sensor masih kotor dan berbahaya untuk diukur secara langsung maka pengkondisian sinyal perlu dilakukan dari sensor sehingga sesuai sebagai input ke ADC.
2. Analog to digital converters
Setelah dikondisikan barulah komponen ini merubah ke sinyal digital oleh ADC.
3. Computer Bus
Komponen ini bertugas menghubungkan Perangkat DAQ ke komputer. Melalui USB, PCI, PCI Express, dan Ethernet. Akhir2 ini, perangkat DAQ bisa terhubung dengan Wi-Fi,  komunikasi nirkabel. Disini terdapat berbagai macam tipe dari buses, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.
Komputer disini digunakan untuk mengatur operasi dari DAQ. Digunakan untuk memproses, menampilkan dan menyimpan hasil pengukuran. Terdapat dua macam perangkat lunak didalam komputer yang digunakan pada sistem DAQ yaitu, Driver software dan aplication software. Driver software digunakan untuk bereaksi dengan DAQ sedangkan aplication software digunakan untuk mengambil, analisa, dan menampilkan data pengukuran.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, kami PT.TAHARICA adalah distributor resmi merk Hobo (Onset) di Indonesia. Jika anda membutuhkan peralatan data logger untuk penelitian atau keperluan lain (indoor dan outdoor) kami siap menyediakannya untuk anda. Silahkan kunjungi website kami loggerindo.com untuk melihat produk yang kami sediakan. Terimakasih mas andik.

    BalasHapus