Our social:

Selasa, 07 Februari 2017

Timbangan analitik dan fungsinya









Timbangan analitik dan fungsinya


timbangan analitik merupakan sebuah alat yang seringkali digunakan didalam laboratorium yang memiliki bahan yang nantinya akan digunakan. Timbangan analitik memiliki fungsi membantu untuk mengukur berat bahan yang nantinya akan digunakan sebelum melakukan sebuah percoban yang tentu saja membutuhkan sebuah penimbangan. Bahan yang nantinya akan ditimbang biasnaya memiliki bentuk padatan yang mana tidak menutup kemungkinan untuk menimbang sebuah bahan yang memiliki bentuk cairan.
 
 Didalam ruang laboratorium timbangan analitik juga menjadi sebuah alat penunjang karena sudah dilengkapi dengan sebuah layar detector yang mana bisa membantu pengguna untuk mengetahui berat bahan yang nantinya akan ditimbang secara akurat.  Jika dibandingkan dengan timbangan zaman dulu yang tentunya masih saja menggunakan analog atau manual, timbangan analitik memiliki fungsi yang lebih baik sebagai alat ukur, timbangan analitik juga bisa memberikan hasil yang lebih akurat, presisi dan juga akuntable yang mana bisa menyimpan hasil dari setiap penimbangan.

Timbangan analitik juga terdiri juga beberapa bagian yang diantaranya yakni waterpass, piringan timbang dan juga tombol pengaturan. Untuk waterpass ini memiliki fungsi sebagai penanda posisi timbangan yang sedang digunakan. Untuk itu timbangan harus dalam posisi yang seimbang ketika melakukan penimbangan supaya nantinya data yang diberikan bisa akurat. Untuk piringan timbangan juga menjadi sebuah wadah yang fungsinya untuk tempat bahan yang akan ditentukan beratnya. Biasanya juga digunakan gelas arloji untuk wadah bahan yang mana sebelumnya sudah diletakkan untuk piringan timbang didalam neraca.

0 komentar:

Posting Komentar